WALAUPUN MEMILIKI BAU YANG TIDAK SEDAP, TERNYATA JENGKOL MENYIMPAN SEGUDANG MANFAAT

Jangan dilihat dari fisik dan juga jangan memandang bau dari jengkol, karena dibalik fisik dan bau yang tidak sedap dan bisa menusuk hidung ternyata tersimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dari makanan yang satu ini.

Jengkol merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang mempunyai penggemar sendiri, terutama di Indonesia. Tanaman ini tergolong dalam famili biji-bijian. Bagi kalian yang tidak mengenal jengkol, jenis makanan ini memiliki bentuk pipidengan warna yang kecokelat hitaman dan juga memiliki bau yang khas pada saat diolah menjadi beberapa jenis makanan. Selain dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan, ternyata jengkol juga sudah dikenal sebagai salah satu bahan obat tradisional.

Makanan jengkol memiliki kandungan berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia mulai dari protein, karbohidrat, kalian, vitamin dan zat besi. Tidak hanya itu, jengkol juga memiliki beberapa kandungan senyawa dan saponin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut beberapa kandungan yang disebutkan diatas, inilah manfaat jengkol bagi kesehatan seperti :
1. Menurunkan kolesterol
2. Menangkal radikal bebas
3. Mematikan bakteri jahat
4. Mengobati luka bakar

Setelah kalian mengetahui beberapa manfaat diatas, mungkin kalian sudah berfikir 2 kali jika ingin mengkonsumsinya karena bau dari makanan jengkol ini tergolong sangat penyengat dan membuat tidak nyaman. Apalagi makanan jengkol ini juga keras sehingga akan sulit jika tidak ada yang mengetahui cara pengolahannya.

Tapi anda tidak perlu khawatir, untuk menghilangkan bau pada jengkol bisa anda lakukan dengan beberapa cara seperti :
Pertama-tama, kalian harus merendam terlebih dahulu jengkol dengan air biasa sambil menunggu air mendidih. Setelah itu rebus jengkol di dalam air mendidih dengan bawang merah, bawang putih lengkuas dan kayu manis sampai lunak. Setelah lunak cuci kembali jengkol sampai benar-benar bersih.

Jika cara pengolahan jengkol dengan baik, maka rasanya tidak kalah lezat dibandingkan dengan makan lainnya. Jengkol yang biasanya diolah dan terkenal dengan olahannya yaitu jengkol balado namun banyak juga yang mengolah jengkol dengan di semur atau dijadikan kerupuk jengkol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *