Tidak Disangka Ini Dia Penyebab Gigi Kamu Sensitif!

Rasa ngilu atau nyeri umum dialami oleh banyak orang, tentu saja hal ini bukan lain adalah disebabkan oleh gigi yang sensitif karena pada bagian sensorik gigi telah mendapat rangsangan berlebihan sehingga sensasi tersebut muncul dan langsung dirasakan oleh penderitanya. Bukan hal menyenangkan memiliki gigi sensitif karena berkat rasa sakit dengan tajam tersebut membuat seseorang sulit untuk beraktifitas dan fokus terhadap kegiatannya.

Gigi sensitif dapat terpicu oleh rasa panas atau dingin maupun bahan kimia yang masuk ke dalam mulut, namun selain itu masih banyak hal lain yang tidak disangka merupakan faktor utama penyebab gigi sensitif, langsung saja kita bahas berikut ini guys!

1. Cara menggosok gigi yang salah

Gigi menjadi lebih sensitif ternyata karena kesalahan cara menggosoknya selama ini dimana bila terlalu keras melakukannya justru membuat lapisan luar gigi akan kehilangan ketahanannya kemudian saraf dalam gigi tersebut semakin mudah terlihat dan ujungnya sentuhan kuat sikat gigi akan berhasil menyentuh saraf tersebut sehingga rasa sakit atau nyeri dapat timbul.

2. Suka mengkonsumsi makanan asam

Bila memang memiliki gigi yang sensitif sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan asam dari sekarang karena saraf gigi yang sudah terlihat akibat dari lapisan gigi yang tipis, apabila mendapatkan sentuhan dengan rasa asam maka bisa memicu rasa nyeri dan sakit. Contoh makanan asam adalah tomat, buah lemon serta kiwi dengan kadar asam cukup tinggi.

3. Kebiasaan menggesek gigi bagian bawah dengan atas

Bukan sedikit orang yang tanpa sadar melakukan kebiasaan satu ini dimana sering melakukan geseken gigi antara bagian atas dengan bawah secara kuat, sebelumnya tidak boleh dengan sikat gigi yang terlalu kuat begitu juga dengan hal ini karena akan merangsang rasa sakit di bagian saraf gigi dengan mudah. Biasanya orang dengan kegiatan olahraga berat akan melindunginya dengan alat pelindung gigi khusus agar tidak mengalami hal ini.

Masih banyak hal yang menjadi penyebab utama gigi sensitif tetapi paling utama adalah jaga selalu kesehatan gigimu dan rawat dengan benar dari sekarang agar menghindari rasa sakit yang mudah terjadi kapan saja. Sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada ahlinya yaitu dokter gigi umum di daerah kamu berada untuk cara lebih benar dalam menjaga gigi kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *