Indahnya Bukit Telang di Kalimantan Selatan

“Zer, masih jauh nggak?”.

Aku dan Hendra terengah-engah mengikuti gaya jalan Zerie. Wajar saja, Zerie sering sekali mengeksplor bukit-bukit di sekitaran Kalsel. Sedangkan kami lebih banyak mengeksplor kuliner. Bahkan, Zerie yang paling banyak menemukan jalan menuju bukit-bukit baru. Ia lebih banyak berjalan sendiri, karena tak ribet. Tapi kali ini, ia membawa dua orang gentong yaitu kami.

“Bentar lagi Yud, dikit lagi.”.

Kata-kata Zerie seolah mengiang-ngiang ditelinga. Kalimay penyemangat belaka. Setiap kita melangkah selama lima hingga sepuluh menit, belum sampai-sampai juga.

“Hoax” pikirku dalam hati.

Kami berjalan melintasi hijaunya padang rerumputan yang bergoyang mengikuti angin. Bunyi rerumputan yang saling bergesekan dihempas angin selalu menenangkan. Aku selalu berpaku pada prinsipku, yaitu untuk menikmati perjalanan, tak perlu ngoyo. Berjalan santai tak terburu-buru menjadi opsi yang kami pilih. Sesaat kami meneduh sebentar dibawah sebuah pohon kecil, mengobrol hal-hal tidak penting sambil beristirahat.

“Zer, Ndra. Aku naik duluan gapapa? Takutnya kesorean” tanyaku.

“Iya gapapa Yud, aku sama Zerie disini dulu yak. Masih enak duduk” jawab Hendra.

“Tinggal lurus aja Yud ikutin jalur. Jalannya jelas kok” tambah Zerie.

Banyak orang yang bilang, terlalu banyak istirahat saat mendaki malah membuat badan semakin capek. Dan aku percaya itu. Menurut orang yang sudah sering naik gunung, katanya beristirahat apa lagi hingga duduk akan merusak ritme jalan dan ritme bernafas. Seharusnya jika sudah mendapatkan ritmenya, tetaplah berjalan pelan diselingi istirahat sebentar.

Langkah demi langkah, peluh demi peluh. Tak lagi kudengar suara tawa teman perjalananku. Mungkin, sudah terlalu jauh. Aku memutuskan untuk beristirahat sebentar. Sepertinya, berbaring diantara ilalang merupakan pilihan yang tepat.

Semakin jauh, semakin terasa. Perasaan kecil diantara semesta semakin nyata. Dulu ketika aku menjelajah ke arah timur, rasanya sudah pergi jauh sekali. Tetapi semakin jauh, ternyata terasa semakin kecil. Mengapa?

Saat itu, rasanya berbangga hati sekali bisa menginjak daerah-daerah yang tidak pernah kubayangkan sebelumnya. Berawal dari tekad dan keberanian, serta pesan almarhum yang menjadi pemantik semangat, aku mulai melangkah. Tak lama, aku berani membanggakan diri dengan titel “solo backpacker” yang aku gadang-gadang saat itu. Rasa bangga mulai bertransformasi sedikit demi sedikit menjadi rasa angkuh yang sulit dikendalikan.

Lalu, aku sadar.
Semakin jauh, aku sadar bahwa aku bukan siapa-siapa. Hanya debu kecil di luasnya alam semesta. Setiap hari, aku bertemu dengan banyak orang yang jauh lebih berpengalaman. Berpengalaman bukan hanya soal keberanian atau banyaknya destinasi, tapi bagaimana cara memahami sesuatu dari berbagai sudut pandang. Memahami apa yang diinginkan dan yang telah dicapai. Menghargai tiap tetesan peluh saat berjuang. Bagaimana dia berani berkorban untuk hal-hal yang jauh lebih penting. Berpikir panjang dan bisa memilih prioritas.

Rasanya seperti ditampar keras-keras oleh tangan sendiri. Mungkin, semua ini adalah sebuah fase. Perjalanan adalah sebuah fase. Bermulai dari kita mencari jati diri dan tujuan, lalu menemukan jalan menuju puncak. Berbangga hati saat dipuncak, lalu turun. Saat turun, hampa terasa. Ternyata, bukan hanya puncak yang kita cari, tetapi lebih dari itu. Dan pasti, setiap orang akan melewati fase-fase itu.

Perjalanan bukanlah urusan titel. Titel hanyalah predikat, yang akan usang nantinya. Keesokan hari, selalu akan ada yang lebih baik. Paling tidak, aku melakukan apa yang terbaik hari ini, esok dan seterusnya.

Tiba-tiba suara Hendra mengagetkanku.

“Yud, ngapain bengong?” tegur Hendra.

“Hahaha, nggak Hen. Capek. Gak rugi lah keatas.” jawabku sambil tersenyum.

“By the way Hend, thanks udah dibawa kesini.”.

“Santai Yud, abis ini kita makan-makan dibawah” jawab Hendra sambil tertawa.

Angin bertiup semakin kencang, membuatku mengencangkan jaket. Perona jingga mulai mewarnai langit yang dipenuhi gumpalan awan. Lagi-lagi, suara gemerisik ilalang membangun suasana yang menenangkan.

“Terima kasih, Kalimantan. Aku akan kembali”.

GANDUM HITAM KAYA AKAN NUTRISI

Rye atau biasanya disebut dengan gandum hitam ini merupakan salah satu jenis bijian serelia yang sering digunakan sebagai bahan makanan whole grain. Rye ini hampir mirip dengan gandum atau juga jelai sehingga ketiga jenis ini sering dijadikan dan dimanfaatkan dengan cara yang hampir sama juga. Dalam penggunaan gandum hitam didunia juga sangar beragam dan juga luas, kalian bisa menjumpai rye dalam bentuk roti, hewan, makanan sereal ataupun jenis minuman berakohol.

Rye merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan berbagai manfaat mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita sudah mengetahui beberapa manfaat yang terkandung, gandum hitam ini juga bisa dikatakan memilik kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Selain kandungan minieral dan juga vitamin, gandum hitam juga ternyata memiliki kandungan serat makanan dan berbagai jenis senyawa hewan organik termasuk fenolat yang bisa membawa dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Karena tingginya kandungan nutrisi pada gandum hitam yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut beberapa manfaat gandum hitam yang perlu diketahui :
1. Mengendalikan diabetes
2. Menjaga kesehatan pencernaan
3. Mengontrol berat badan
4. Memperkuat tulang dan gigi
5. Menjaga kesehatan jantung
5. Menjaga kesehatan jantung

Selain beberap manfaat gandum hitam yang disebutkan diatas, terdapat manfaat lainnya yaitu gandum hitam juga bisa mencegah terjadinya kanker, hal ini tentunya berkaitan dengan kandungan antioksidan dan kandungan serat yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, manfaat gandum hitam juga memiliki beberapa potensi manfaat lainnya seperti bisa mengadatasi peradangan, menurunkan resiko berkembangnya hati pada empedu, menghilangkan racun serta juga bisa meringankan gangguan pada saat menstruasi.

Setelah kalian mengetahui manfaat yang luar biasa pada gandum hitam tentunya kalian segera ingin mencobanya, namun perlu di ingat juga bahwa manfaat diatas ini masih memerlukan beberapa penelitian lebih lanjut pada manusia agar manfaat dari gandum hitam ini bisa kalian dapatkan secara optimal dan sesuai dengan hasil klaim dari manfaat yang sudah disebutkan diatas.

Kesalahan Keuangan Pada Anak Zaman Now

Kebebasan finansial adalah impian semua orang. Dengan uang yang cukup dan stabil, menjalani hidup pun akan terasa lebih menyenangkan dan tidak depresi. Ada banyak sekali hal baik yang dapat dilakukan dengan memiliki banyak uang, salah satunya adalah membantu orang yang membutuhkan.

Memiliki banyak uang juga dapat membangun masa depan yang lebih baik. Bebas secara finansial adalah tujuan yang sangat harus diincar. Ketika uang yang dihasilkan dapat menghasilkan uang lagi disana barulah kerja keras selama ini tidak akan sia – sia. Dengan bekerja keras beberapa tahun, orang yang bebas finansial akan membuat kerja keras menjadi kerja pintar di kemudian hari.

Namun, untuk generasi zaman sekarang sangat sulit sekali mencapai kebebasan finansial. Zaman yang terus berkembang membuat generasi milenial dan generasi Z lebih banyak menghabiskan uangnya sedikit demi sedikit dan terjebak dalam latte factory. Dibandingkan menghabiskannya untuk investasi atau menabung.

Sebenarnya, seseorang bisa mencapai kekayaan tuh bukan karena pendapatannya yang besar saja, tapi karenna cara mengelola keuangannya yang cerdas dan bisa mengontrol dirinya sendiri. Nah, sayangnya banyak generasi milenial dan Z yang masih melakukan kesalahan yang cukup fatal untuk masa depannya.

Kesalahan Generasi Milenial dan Generasi Z :

  1. Belanja dan jajan nomor satu, nabung dan investasi belakangan
  2. Salah memahami konsep FOMO dan YOLO
  3. Utang adalah jalan ninjanya, giliran ngutang nggak mikirin gengsi, tapi giliran diledek “nggak kekinian lo!” langsung mikirin gengsi.

Tips Terhindar dari Kesalahan Anak Zaman Now

  1. Selalu sisihkan 10 – 15% dari gaji kamu untuk dana darurat dan investasi, bayarkan semuanya pada awal gajian
  2. Siapkan anggaran sendiri untuk bersenang – senang. Tapi maksimal 10% saja
  3. Utamakan kebutuhan primer terlebih dahulu, yang kurang penting jangan dijadikan prioritas

Halo sobat, kamu termasuk generasi Z atau Milenial? Bener nggak sih, kalau kesalahan-kesalahan di atas identik banget sama generasi Z dan Milenial?

Dan ngomong – ngomong, apa sih kesalahan keuangan yang kamu sadar betul bahwa itu adalah sebuah kesalahan, tapi terasa sulit untuk diperbaiki/diubah kebiasaannya?

Tradisi Potong Jari, Lambang Rasa Cinta dan Kehilangan

Kalau kalian patah hati, atau ada seseorang yang kalian cintai meninggal dunia, apa yang akan kalian lakukan untuk mengenangnya? Menyimpan fotonya, menangis tanpa henti, berdoa setiap malam, atau malahan depresi?

Semua hal yang akan kamu lakukan diatas mungkin akan menjadi berbeda ketika kamu menjadi wanita asli Papua, khususnya suku Dani. Bagi mereka, potong jari merupakan salah satu cara mereka mengungkapkan rasa kesedihannya. Serius?

Serius. Coba kalau kamu ke Wamena deh, lalu ke pasar. Perhatikan jari Mama-mama yang jualan di pasar, pasti banyak yang beberapa ruas jarinya sudah dipotong. Kadang ada juga yang malah jarinya nggak ada semua, menyisakan jempol saja. Hiyaaaaa!.

Tradisi ini biasa disebut Iki Palek, dan hanya dilakulan oleh wanita saja. Biasanya, wanita yang paling tualah yang akan melakukan prosesi ini. Setiap ruas jari menandakan satu orang yang meninggal. Jadi jika ada kerabat atau saudara dekat yang meninggal, yang tertualah yang akan dipotong jarinya. Nah yang memotong juga nggak sembarangan. Biasanya yang memotong adalah suami atau kerabat terdekat dari wanita tersebut.

Kenapa harus potong jari sih? Setelah bertanya-tanya, potong jari dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali malapetaka yang telah merenggut nyawa seseorang di dalam keluarga tersebut.

Prosesi pemotongan jari ini nggak sembarangan guys. Pertama, sebuah upacara diadakan untuk memulai prosesi ini. Lalu tangan diikat diantara sela jari dengan tujuan agar tidak akan mengeluarkan banyak darah. Lalu, orang yang memotong jari akan menyiapkan peralatan untuk memotong jari, seperti kampak kecil yang dibuat dari bahan batu. Yang bikin ngilu, ini kampak gak terlalu tajam banget! Duh!

Lalu, wanita yang akan dipotong jarinya akan membaca rapalan mantra. Setelah rapalan selesai, pemotongan akan langsung dilakukan tanpa obat bius! Bayangkan rasa sakitnya! Nah menurut mereka, kalau luka di jarinya udah sembuh, maka artinya rasa duka akibat ditinggalkan oleh orang tercinta hilang.

Menurut seorang Mama-Mama yang saya tanyakan, dulu juga pernah terjadi bayi yang baru lahir itu dipotong jarinya. Bayi akan dipotong jarinya jika sang ayah telah meninggal. Sang ibu akan mengigit jari si bayi hingga putus. Ngeri!

Tetapi semenjak modernisasi datang ke pedalaman Papua, kini pemerintah melarang lagi praktek ritual potong jari ini. Makanya, sekarang sudah cukup sulit ditemukan, kecuali di pedalaman banget. Tapi saya bersyukur bisa bertemu dan mengobrol langsung dengan Mama-Mama yang pernah mengalami ritual tersebut.

Ada hal yang ngena banget di hati ketika saya mengobrol dengan si Mama. Saya bertanya, apakah sakit ketika dipotong jarinya? Beliau menjawab “sakit dek. Tapi lebih sakit lagi ketika ditinggalkan oleh orang yang saya cintai.”. Ngena banget! source : @catatanbackpacker

MANFAAT DARI AIR CUCIAN BERAS YANG JARANG DIKETAHUI

Jika kalian sering membuang air cucian beras, setelah mengetahui manfaatnya kami sarankan sebaiknya untuk sellau tampung air cucian beras tersebut didalam wadah karena air cucian beras ini ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan yang mungkin sangat jarang diketahui.

Seperti namanya, air cucian beras merupakan salah satu air yang didapatkan ketika kalian mencuci beras. Di Tiongkok dan di Jepang para wanita di Asia Tenggara termasuk di Indonesia juga sudah menjadikan air ini sebagai salah satu cara yang digunakan untuk merawat kulit dan juga rambut. Namun kalian juga harus bisa membedakajn antara air cucian beras dengan air tajin, pada air tajin ini memiliki warna lebih putih kekuningan dan juga kendal ketika kalian menanak nasi dan jenis air tajin ini adalah air yang sudah matang karena sudah melalu proses ketika sedang memasak air.

Air cucian beras ini juga sudah dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin dan juga kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi pada air cucian beras ini termasuk asam amino, Vtamin B, Vitamin E dan juga zat antioksidan lainnya. Namun jika kalian ingin mencobanya, sebaiknya jangan menggunakan air cucian beras yang dicuci pertama kali karena masih kotor. Sebaiknya selalu pastikan air cucian beras ini sudah dalam keadaan bersih kemudian ambil airnya pada cucian terakhir.

Berikut beberapa manfaat dari air cucian beras seperti :
1. Mencerahkan kulit
2. Meredakan kulit hitam akibat sinar matahari
3. Melembapkan kulit
4. Memperbaiki kerusakan rambut
5. Mencegah dan menurunkan risiko kanker

Sebenarnya air cucian beras atau air tajin ini juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan juga bayi, sebagai orang tua kalian juga harus pandai memilih mana fakta dan juga mana mitos demi kesehatan si buah hati dan jangan sampai kalian tertipu oleh fakta-fakta yang tidak benar dan nantinya justri bisa merugikan kesehatan si anak.

Sebagai catatn juga, jika kalian ingin mencoba manfaat dari air cucian beras ini sebaiknya untuk tidak meneteskan air cucian ini pada telinga dan juga mata karena air cucian ini hanya disarankan untuk penggunaaan diluar saja seperti pada rambut dan juga kulit. Namun jangan terlalu percaya pada manfaatnya juga, sebelum kalian ingin menggunakannya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu karena manfaat dari cucian air beras ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat Yang Terkandung Pada Biji Pala Untuk Kecantikan

Untuk masyarakat Indonesia, buah pala sering dijadikan sebagai bumbu rempah untuk mengolah masakan. Bukan hanya itu saja, pala juga sering dijadikan sebagai asinan buah. Ada juga yang memakai buah pala sebagai minyak pijat.

Buah pala banyak digunakan untuk pengobatan tradisional dalam mengatasu masalah ringan sampai gangguan kronis. Hal ini karena buah pala mengandung protein, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, minyak atsiri, karbohidrat, asam oleanolat.

1. Mengatasi Jerawat
Manfaat ini didapatkan dari kandungan bahan anti septik alami pada biji pala yang efektif dalam mencegah infeksi jamur dan bakteri.

Kamu dapay menggunakannya sebagai masker. Cara penggunananya dengan mencampurkan kayu manis, madu dan bubuk pala. Oleskan pada seluruh wajah, diamkan selama 15menit, lalu bilas hingga bersih. Ke 3 bahan ini bersifat anti septik dan anti bakteri.

2. Mencerahkan Kulit
Setiap wanita pastinya ingin memiliki kulit cerah dan sehat. Untuk mendapatkan hal ini pakai minyak biji pala sebagai skincare dalam keseharianmu. Kandungan minyak biji pala sering didapatkan dalam produk pelembap dan pembersih wajah. Kandungan ini diyakini dapat menjadikan kulit tampak lebih cerah.

Cara menggunakannya, tuangkan minyak biji pala pada wajah dan pijat dengan lembut, diamkan sampai minyak pala meresap dengan sempurna pada kulit. Lalu bilas dengan pembersih wajah hingga bersih.

3. Mencegah Penuaan Dini
Pala dipecaya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Untuk mendapatkan khasiatnya, campurkan 1 sdm biji pala bubuk dan 1 sdm susu. Oleskan secara menyeluruh pada wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas.

4. Melembapkan Kulit
Jika kulitmu kering dan kusam, minyak pala dapat kamu jadikan sebagai solusinya. kamu bisa mendapatkan kulit yang lembut dan sehat hanya menggunakan minyak biji pala. Minyak alami ini dapat menjadikan kulit lembut dan lembap. Caranya, oleskan minyak pala sebagai lotion secara teratur agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Itulah manfaat Biji Pala yang baik untuk kecantikan.

5 Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Citrus Aurantifolia atau jeruk nipis merupakan buah persilangan yang berbentuk kecil, berwarna hijau. Jeruk nipis memiliki rasa asam dan aroma yang khas. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang cukup banyak di konsumsi oleh masyarakat indonesia. Biasanya jeruk nipis dijadikan sebagai minuman atau pun campuran pada makanan.

Menggunakan jeruk nipis pada makanan atau minuman yang disajikan maka akan mempunyai rasa asam yang menyegarkan. Bukan hanya rasanya yang enak, jeruk nipus juga mempunyai beberapa kandungan zat yang baik untuk kesehatan.

Jeruk nipis mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, kalsium, fosfor, asam amino dan asam sitrat.

1. Menurunkan Kolesterol
Flavonoid berpotensi sebagai anti oksida yang kuat. Anti oksida dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama pada molekul tidak stabil yang bisa merusak sel sehat. Jeruk nipis mengandung kaya akan pektin, yang baik untuk menjaga kadar kolestrol agar tetap stabil pada tubuh.

2. Mengatasi Gangguan Batu Ginjal
Jeruk nipis mengandung tinggi asam sitrat yang bisa mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Penderita batu ginjal sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam sitrat. Maka dari itu minum jus jeruk nipis dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi batu ginjal.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jeruk nipis mengandung vitami C yang dapat menambahkan imun tubuh. Jika imun tubuh kamu menurun, kamu dapat dengan murah terserang penyakit seperti demam dan flu. Jeruk nipis dapat memberikan manfaat untuk penyembuhan flu. Minum air perasan jeruk nipis hangat agar bisa merasakan manfaatnya.

4. Menghilangkan Bau Badan
Jeruk nipis mengandung kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, tembaga, asam sitrat, flavonoid, besi, flavonoid, kalori, kalium, kalsium, serat, dan macronutrients. Namun, jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan bau badan. Oleskan jeruk nipis sebagai pengganti deodoran harianmu.

5. Meredakan Batuk Kering
Salah satu cara untuk meredakan batuk kering yaitu dengan menjaga tenggorokan agar tetap terhidrasi, sehingga bisa terlindungi dari batuk kering dan iritasi. Minum air perasan jeruk nipis bisa membantu menjaga tenggorokan agar tetap terhidrasi dan mengurangi batuk kering.

Tempat Wisata Paling Angker Di Korea Selatan

Korea selatan dikenal dengan musik, high fashion, dan dunia hiburannya. Korea selatan masih menjadi salah satu tempat wisata andalan di Asia yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Indahnya negeri ginseng ini dapat menarik perhatian para wisatawan dari berbagai macam negara.

Tapi dibalik keindahannya, terdapat tempat wisata di korea selatan yang menyimpan kisah misterius. Sampai, suasana mistis dan angker selalu menyelimuti.

1. Pulau Jeju


Terkenal dengan pulau yang indah ini menjadi tempat tujuan parawisata di korea, ternyata pulau jeju ini menyimpan kisah yang mengerikan pada masa lalu nya. Pada tahun 1940, sekitar 15% masyarakat di pulau jeju ini dibantai habis – habisan oleh pemerintah yang ingin memberantas komunis. Maka dari itu, hal ini membuat banyak masyarakat korea percaya kalau para korban pembantaian saat ini masih gentauangan dan menghantui beberapa titik di Pulau Jeju.

2. Sungai Han


Sungai Han merupakan salah satu landmark yang paling populer di korea selatan yang pastinya tidak akan kamu sangka mempunyai cerita yang misterius. Sungai indah dan dikelilingi oleh berkilaunya lampu kota seoul, ternyata diisukan sebagai rumah para hantu dari orang yang melakukan bunuh diri di sungai ini.

3. Rumah Sakit Jiwa Gonjiam


Rumah sakit yang sudah tidak beroprasi ini biasanya di kunjungi oleh orang-orang yang suka memburu hantu. Beberapa pengunjung yang pernah masuk ke dalam rumah sakit tersebut mengatakan mendengar jeritan dan tangisan di beberapa lorong rumah sakit. Banyak yang mengatakan kalau suara jeritan tersebut berasal dari dokyer sadis yang meninggal dirumah sakir tersebut, isu lainnya juga mengatakan kalau tangisan tersebut berasal dari hantu pasien rumah sakit.

4. Yongma Land


Membahas mengenai pasar malam atau taman bermain anak pasti akan membuatmu bahagia. Tapi tidak dengan taman bermain satu ini. Bukan membuatmu senang, taman hiburan ini akan membuatmu merinding. Tempat ini ditinggalkan oleh masyarakat korea setelah kematian gadis kecil yang bermain di salah satu wahana. Dan diisukan sudah menghantui siapapun yang mengunjungi tempat bermain ini.

5. Desa Yongin


Desa ini sudah dikenal sebagai rumah “virgin ghost” atau hantu perawan. Hantu ini diceritakan sebagai hantu kesepian yang meninggal karena belum menikah dan membuat mereka ingin mencari teman setelah meninggal.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Kurma merupakan buah yang berasal dari tanah arab. Walaupun begitu, kurma sangat banyak di temukan di indonesia. Biasanya, kurma dapat kamu temukan di supermarket dan akan banyak di jual saat bulan ramadhan.

Buah ini sering disajikan sebagai cemilan saat berbuka puasa. Rasanya yang manis menjadikan buah ini sangat banyak disukai orang. Tapi bukan karena rasanya yang enak, kurma juga dikenal mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kurma memiliki kandungan magnesium dan kalium yang ternyata baik untuk meningkatkan kesehatan pada jantung. ke dua zat ini sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah pada tingkat yang lebih sehat.

Selain itu, kurma juga mengandung anti oksida asam fenolik yantg bersifat anti radang. Asam fenolik dipercaya dapat membantu dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung, hipertensi dan stroke.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang
kurma memiliki kandungan mineral yang membuat buah ini baik dikonsumsi bagi kesehatan tulang. Buah ini mengandung selenium, mangan magnesium dan tembaga yang dimana semua zat gizi ini mempunyai potensi dalam mencegah terkena osteoporosis. Kurma dapat membantu dalam memperkuat dan melawan penyakit yang mengakibatkan keroposnya tulang.

3. Menangkal Radikal Bebas
kurma mengandung anti oksida yang bisa mempengaruhi dampak radikal bebas pada tubuh. Anti oksida ini mempunyai manfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel dan juga mengakibatkan kanker. Zat fitokimia termasuk sebagai anti oksida pada kurma di antaranya seperti tanin, polifenol, karoten dan sterol.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kurma juga termasuk buah yang memiliki kalori yang tinggi. Tapi disisi lain, kurma juga mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga buah ub u dapat membantu dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Kandungan ke 2 jenis gizi ini membantu anda agar tetap merasa kenyang yang lebih lama. Itulah mengapa kurma dapat dijadikan sebagai cemilan saat diet.

5. Mencegah Terkena Diabetes
Menurut sebuah penelitian mengatakan kalau buah ini mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah. Mengkonsumsi kurma tidak langsung meningkatkan kadar gula setelah memakannya. Bahkan, kandungan serat yang terdapat pada buah ini dapat membantu dalam mengurangi resiko terkena diabetes.

TOGEL ONLINE GEBYAR HADIAH BESAR

Permainan togel online yang menguntungkan bisa anda dapatkan bersama dengan iontogel yang memiliki reputasi yang sudah sangat lama melayani para pemain togel online secara menguntungkan di indonesia. Permainan togel yang tersedia bisa anda lakukan dengan mudah dengan melakukan taruhan secara online dengan agen resmi ini. Mainkan sekarang juga dengan diskon yang besar bersama dengan pasaran togel online yang resmi dari kami. Iontogel menyediakan permainan togel secara resmi untuk para member. Member bisa main togel menguntungkan untuk bisa menghasilkan keuntungan besar bersama dengan kami sekarang juga. Anda jangan takut untuk bermain dengan kami karena ada sistem keamanan canggih untuk membantu anda mengamankan akun togel online yang anda miliki. 

DAFTAR SEKARANG DAN DAPATKAN PERMAINAN TOGEL ONLINE MENGUNTUNGKAN SEKARANG JUGA

Anda bisa memulai pendaftaran permainan togel online bersama dengan kami menggunakan link resmi berikut ini http://18.182.188.221/. Dengan link resmi tersebut anda bisa melakukan pendaftaran hanya dalam waktu 5 menit saja dan mendapatkan pelayanan terbaik dari customer service kami. Selama 24 jam anda pastinya akan mendapatkan bantuan dari customer service kami untuk melakukan pendaftaran serta melakukan deposit dana. Jika anda telah memenangkan permainan online maka anda bisa melakukan withdraw dengan mudah bersama dengan kami dalam waktu proses yang cepat. Mainkan permainan togel online yang menguntungkan dengan menggunakan berbagai aplikasi gratis yang telah kami berikan untuk anda dan anda bisa melakukan blocking dengan menggunakan aplikasi tersebut agar bisa mempercepat akses anda untuk melakukan permainan togel online bersama dengan Iontogel.

MAIN DENGAN DISKON TOGEL ONLINE YANG TERSEDIA UNTUK PARA MEMBER

Dengan melakukan permainan togel bermain bersama dengan kami maka anda bisa mendapatkan beragam diskon menarik yang tersedia di dalam situs ini. Situs yang togel selalu mengadakan program diskon yang akan membantu anda melakukan pemasangan togel online di berbagai pasaran dengan hemat. Taruhan togel 4d 3d dan 2d pasti akan mendapatkan diskon ketika anda bermain bersama dengan Iontogel. Pada bandar selama ini anda diperbolehkan untuk memanfaatkan diskon untuk memasang angka dalam jumlah banyak. Lakukan permainan togel online bersama dengan kami sekarang juga dan pasang sebanyak mungkin angka untuk meningkatkan kesempatan menang anda.

TOGEL SINGAPORE DAN TOGEL HONGKONG BISA ANDA LAKUKAN BERSAMA IONTOGEL DI SINI

Demi permainan yang seru dan resmi kami menyediakan permainan togel online di berbagai pasaran resmi. Dengan pasaran tersebut anda bisa menghasilkan keuntungan besar sekarang juga. Harga pasaran togel singapore dan juga pasaran togel hongkong yang akan bantu anda hasilkan keuntungan dalam jumlah besar. Selain itu tersedia juga pasaran togel sydney yang akan membantu anda menghasilkan keuntungan yang optimal. Pasaran toto sgp data toto hk kami didukung oleh hongkong pools dan juga singapore pools. Mainkan kodo pasaran resmi ini secara menguntungkan bersama dengan Iontogel mulai hari ini juga.