Permainan Tradisional Masa Kecil Sebelum Teknologi Maju

Zaman dahulu kala, anak – anak bermain bersama teman – temannya tidak seperti sekarang ini. Zaman dulu belum ada teknologi, atau minimnya teknologi membuat masyarakat Indonesia menjadi sangat kreatif dalam membuat permainan dari barang – barang bekas ataupun yang tidak digunakan lagi.

Bahkan anak tahun 90an masih merasakan serunya bermain permainan karet gelang bersama temannya. Pada tahun 2000an awal, anak – anak yang bermain gelang karet biasanya membeli karet satu kantong penuh di pasar dan mengikatnya menjadi panjang.

Karet tersebut akan dibawa ke sekolah dan akan dimainkan bersama teman lainnya. Seru sekali ya kalau dipikir – pikir permainan zaman dahulu membawa kita lebih dekat dan akrab satu sama lain.

Mau cerita, tadi dirumah ga sengaja nendang botol oli bekas. Jadi itu sisa oli beleberan dimana-mana. Nah tiba-tiba jadi banyak kerjaan sekarang, ngebersihin itu oli yang tumpah di garasi.

Ngomong-ngomong botol oli bekas, jadi inget perjalanan Yudmin saat Yudmin mampir di pulau Seram, Maluku. Waktu itu Yudmin tinggal dirumah penduduk di Desa Saleman, nah otomatis Yudmin bercengkrama sama warga dan tentunya bocah cilik.

Setiap sore, bocah-bocah Saleman pergi mengaji di mushola yang didirikan secara mandiri oleh warga desa. Nah setelah mengaji, kebanyakan yang anak laki-laki segera bermain kelereng dan bermain tubruk oto.

Tubruk oto adalah suatu permainan menggunakan botol oli bekas yang dimodifikasi dengan sendal jepit agar bisa dibentuk seperti mobil-mobilan. Nah setelah botol oli bekas dilubangi dan dimasukkan as roda dan karet sendal jepit sebagai “ban”, maka tubruk oto siap dimainkan.

Dipasanglah tali pada bagian depan oto, lalu 2 orang anak segera berlari menuju lawannya dengan mengarahkan otonya untuk menabrak oto yang lain.

“Braaaaaaak!!!!!” Suara oto tabrakan terdengar. Yang kalah dapat dilihat ketika mobilnya terlepas dari tali atau terjungkir balik. Terlihat tawa anak-anak kecil saat melakukan permainan sederhana ini.

Jadi ingat, di kota sepupu saya yang kecil seumuran mereka mainannya Ipad, di Desa Saleman mainannya tubruk oto. Ah senangnya lahir di generasi 90an..

Mie Aceh Beneran Pakai Ganja, nggak Sih?

Cerita dimulai dari Mie Aceh nih. Pasti semua udah tau dong tentang Mie Aceh? Mie Aceh terkenal dengan rasa rempah-rempahnya yang sedap banget! Entahlah pake bumbu apa, biasanya disajikan dengan tiga cara, yaitu dimasak kuah, dimasak tumis, atau digoreng biasa. Lalu toppingnya tinggal kamu yang milih, mau udang, cumi, daging, atau bahkan kepiting? Terus jangan lupa extranya macam bawang merah dan emping! Minumnya pasti, es timun atau es semangka. Slrrrrrrrrp!

Nah, untuk kamu yang mau nyobain Mie Aceh yang asli Aceh, salah satu restoran yang recommended adalah Mie Razali. Search aja di Google Maps pasti ketemu. Rasanya, hmmm endes! Tapi kenapa Yud lebih cocok lidahnya sama mie aceh yang di Medan ya?

Berhubung belum kelar bahas Banda, yul bahas sesuatu yang menarik. Kalau ngomongin tentang Aceh pasti ga jauh dari Mie Aceh, Cewe Cantik, Islami, GAM, dan GANJA? Nah lho!

Ganja alias Mariyuana kalau di luar negeri. Ga perlu dijelasin lagi lah ya, ganja sering banget disalahgunakan sebagai alat untuk nge-fly alias mabuk. Katanya sih, bikin kamu terbang dan halusinasi mu bisa setinggi langit, mirip Jamur tahi Sapi kali ya?

Nah, ada desas desus kalau makanan Aceh itu ada yang naburin bubuk ganja? Beneran nggak sih? Bisa jadi bener, karena katanya ganja udah biasa dijadikan bumbu masak di Aceh. Tetapi dalam kadar yang terkontrol. Ganja membuat masakan itu lebih sedap dan bikin ketagihan. Bedanya, yang digunakan adalah biji ganja. Kalau yang dilinting itu kan daunnya, efeknya lebih parah. Bahkan di Aceh pun, masih banyak ladang ganja siap panen. Tapi entah dimana lokasinya.

Biasanya ganja ini selain disajikan dalam bentuk bumbu masakan, ada juga yang menjual kopi ganja dan dodol ganja. Kembali lagi dengan takaran yang sesuai. Karena kalau nggak sesuai bisa bahaya, pernah ada om nya teman yang asal makan dodol ganja padahal belum di takar, eh taunya opname seminggu.

Jadi, sekali lagi ganja bisa jadi bermanfaat (untuk bumbu ya, tapi gak ngerti apa ini halal atau dilarang pemerintah) tetapi bisa juga berbahaya misalnya dilinting lalu dihisap.

So, watchout! Sekarang sih di Aceh udah jarang yang pake bumbu ganja, tapi entahlah kalau kamu request, mungkin dikasih hehe.

Apa pendapatmu? Ada yang pernah coba olahannya? Share dong!

Kesalahan Keuangan Pada Anak Zaman Now

Kebebasan finansial adalah impian semua orang. Dengan uang yang cukup dan stabil, menjalani hidup pun akan terasa lebih menyenangkan dan tidak depresi. Ada banyak sekali hal baik yang dapat dilakukan dengan memiliki banyak uang, salah satunya adalah membantu orang yang membutuhkan.

Memiliki banyak uang juga dapat membangun masa depan yang lebih baik. Bebas secara finansial adalah tujuan yang sangat harus diincar. Ketika uang yang dihasilkan dapat menghasilkan uang lagi disana barulah kerja keras selama ini tidak akan sia – sia. Dengan bekerja keras beberapa tahun, orang yang bebas finansial akan membuat kerja keras menjadi kerja pintar di kemudian hari.

Namun, untuk generasi zaman sekarang sangat sulit sekali mencapai kebebasan finansial. Zaman yang terus berkembang membuat generasi milenial dan generasi Z lebih banyak menghabiskan uangnya sedikit demi sedikit dan terjebak dalam latte factory. Dibandingkan menghabiskannya untuk investasi atau menabung.

Sebenarnya, seseorang bisa mencapai kekayaan tuh bukan karena pendapatannya yang besar saja, tapi karenna cara mengelola keuangannya yang cerdas dan bisa mengontrol dirinya sendiri. Nah, sayangnya banyak generasi milenial dan Z yang masih melakukan kesalahan yang cukup fatal untuk masa depannya.

Kesalahan Generasi Milenial dan Generasi Z :

  1. Belanja dan jajan nomor satu, nabung dan investasi belakangan
  2. Salah memahami konsep FOMO dan YOLO
  3. Utang adalah jalan ninjanya, giliran ngutang nggak mikirin gengsi, tapi giliran diledek “nggak kekinian lo!” langsung mikirin gengsi.

Tips Terhindar dari Kesalahan Anak Zaman Now

  1. Selalu sisihkan 10 – 15% dari gaji kamu untuk dana darurat dan investasi, bayarkan semuanya pada awal gajian
  2. Siapkan anggaran sendiri untuk bersenang – senang. Tapi maksimal 10% saja
  3. Utamakan kebutuhan primer terlebih dahulu, yang kurang penting jangan dijadikan prioritas

Halo sobat, kamu termasuk generasi Z atau Milenial? Bener nggak sih, kalau kesalahan-kesalahan di atas identik banget sama generasi Z dan Milenial?

Dan ngomong – ngomong, apa sih kesalahan keuangan yang kamu sadar betul bahwa itu adalah sebuah kesalahan, tapi terasa sulit untuk diperbaiki/diubah kebiasaannya?

Tradisi Potong Jari, Lambang Rasa Cinta dan Kehilangan

Kalau kalian patah hati, atau ada seseorang yang kalian cintai meninggal dunia, apa yang akan kalian lakukan untuk mengenangnya? Menyimpan fotonya, menangis tanpa henti, berdoa setiap malam, atau malahan depresi?

Semua hal yang akan kamu lakukan diatas mungkin akan menjadi berbeda ketika kamu menjadi wanita asli Papua, khususnya suku Dani. Bagi mereka, potong jari merupakan salah satu cara mereka mengungkapkan rasa kesedihannya. Serius?

Serius. Coba kalau kamu ke Wamena deh, lalu ke pasar. Perhatikan jari Mama-mama yang jualan di pasar, pasti banyak yang beberapa ruas jarinya sudah dipotong. Kadang ada juga yang malah jarinya nggak ada semua, menyisakan jempol saja. Hiyaaaaa!.

Tradisi ini biasa disebut Iki Palek, dan hanya dilakulan oleh wanita saja. Biasanya, wanita yang paling tualah yang akan melakukan prosesi ini. Setiap ruas jari menandakan satu orang yang meninggal. Jadi jika ada kerabat atau saudara dekat yang meninggal, yang tertualah yang akan dipotong jarinya. Nah yang memotong juga nggak sembarangan. Biasanya yang memotong adalah suami atau kerabat terdekat dari wanita tersebut.

Kenapa harus potong jari sih? Setelah bertanya-tanya, potong jari dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali malapetaka yang telah merenggut nyawa seseorang di dalam keluarga tersebut.

Prosesi pemotongan jari ini nggak sembarangan guys. Pertama, sebuah upacara diadakan untuk memulai prosesi ini. Lalu tangan diikat diantara sela jari dengan tujuan agar tidak akan mengeluarkan banyak darah. Lalu, orang yang memotong jari akan menyiapkan peralatan untuk memotong jari, seperti kampak kecil yang dibuat dari bahan batu. Yang bikin ngilu, ini kampak gak terlalu tajam banget! Duh!

Lalu, wanita yang akan dipotong jarinya akan membaca rapalan mantra. Setelah rapalan selesai, pemotongan akan langsung dilakukan tanpa obat bius! Bayangkan rasa sakitnya! Nah menurut mereka, kalau luka di jarinya udah sembuh, maka artinya rasa duka akibat ditinggalkan oleh orang tercinta hilang.

Menurut seorang Mama-Mama yang saya tanyakan, dulu juga pernah terjadi bayi yang baru lahir itu dipotong jarinya. Bayi akan dipotong jarinya jika sang ayah telah meninggal. Sang ibu akan mengigit jari si bayi hingga putus. Ngeri!

Tetapi semenjak modernisasi datang ke pedalaman Papua, kini pemerintah melarang lagi praktek ritual potong jari ini. Makanya, sekarang sudah cukup sulit ditemukan, kecuali di pedalaman banget. Tapi saya bersyukur bisa bertemu dan mengobrol langsung dengan Mama-Mama yang pernah mengalami ritual tersebut.

Ada hal yang ngena banget di hati ketika saya mengobrol dengan si Mama. Saya bertanya, apakah sakit ketika dipotong jarinya? Beliau menjawab “sakit dek. Tapi lebih sakit lagi ketika ditinggalkan oleh orang yang saya cintai.”. Ngena banget! source : @catatanbackpacker

Sejuta Manfaat Charcoal Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Taman-teman pasti sudah sering mendengar soal arang aktif atau charcoal. Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali produk-produk menggunakan bahan dasar charcoal, baik produk kesehatan, kecantikan, bahkan makanan. Maraknya trend penggunaan charcoal ini merambah sampai berbagai macam industri sampai dengan berbagai produk yang kita pakai seshari-hari. Alasan dipakainya charcoal sebagai bahan dasar bukan hanya karena trend, tapi karena terbukti charcoal memberikan dampak yang sangat besar, banyak sekali manfaat baik yang diberikan charcoal bagi kehidupan manusia, baik itu kesehatan maupun kecantikan. Mari kita ulik lagi lebih banyak mengenai charcoal ini.

Manfaat Charcoal Di Bidang Kesehatan

Characoal atau arang aktif ini adalah bubuk halus berwarna hitam yang terbuat dari tempurung kelapa, arang tulang, biji zaitun, hingga ampas gergaji yang memiliki banyak sekali khasiat yang digunakan di bidang kesehatan maupun kecantikan.

Arang aktif atau yang sering disebut charcoal ini, merupakan salah satu benda hasil alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kita dapat memaksimalkan fungsi dari arang aktif ini, kita dapat menggunakan kelebihan dari charcoal untuk segala macam kegiatan sampai dengan di bidang kesehatan. Beberapa manfaat dari charcoal:

  • Mengatasi keracunan dan overdosis dari obat-obatan
    Charcoal telah digunakan sebagai penawar racun dari zaman dahulu, dan sekarang ini charcoal merupakan langkah pertama dokter dalam menyembuhkan overdosis dalam keracnan.
  • Mengatasi Penyakit Diare
    Charcoal juga dapat mengatasi diare dengan mengikat racun serta bakteri penyebab diare agar tidak diserap oleh tubuh.
  • Mengatasi Perut Kembung
    Charcoal ini juga bermaanfaat untuk mengatasi perut kembung serta keram perut. Charcoal dapat mengikat zat-zat yang berlebih yang dapat berpotensi menghasilkan gas dalam sistem pencernaan.

Manfaat Baik Dari Charcoal Bagi Kecantikan

Arang Aktif ini memiliki banyak manfaat selain bagi kesehatan, memiliki manfaat nagi kecantikan juga. Arang aktif ini banyak digunakan dalam produk sabun badan, pembersih muka, pasta gigi karena dapat mengangkat kotoran, zat kimia, bakteri atau debu yang berbentuk partikel-partikel kecil. Apalagi bagi kulit, Arang aktif ini dapat mengangkat segala kotoran sampai kotoran kecil pun dapat diangkat, sehingga tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori.

Charcoal Banyak Di Gunakan Dalam Pembuatan Makanan

Dalam pembuatan makanan, charcoal digunakan selain membuat makanan terlihat unik karena membuat makanan berwarna hitam, charcoal ini memberikan banyak dampak baik bagi tubuh. Dalam penggunaan charcoal di makanan dapat melancarkan pencernaan, dapat menstabilkan kolestrol . dan dapat membuat lebih awet muda. Karena charcoal berperan sebagai detoksifikasi dan mengembalikan fungsi dari organ tubuh.

Jam Tangan Emas 18K Limited Edition Dari G-SHOCK

Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke 35 tahun, G-Shock Internasional merilis sebuah arloji edisi khusus G-Shock G-D5000-9JR. Dimana pada G-Shock G-D5000-9JR ini dibuat dengan menggunakan emas 24k. Ini merupakan koleksi jam tangan Casio yang paling mewah dan paling mahal. Jam tangan G-Shock G-D5000-9JR ini hanya diproduksi sebanyak 35 buah saja di selurih dunia, dimana 2 diantaranya sudah dikhususkan untuk pasar di Amerika Serikat.

Untuk designnya sendiri, G-Shock G-D5000-9JR memilliki design yang tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, pada G-Shock G-D5000-9JR ini memiliki Dial berwarna hitam yang dibalut dengan bezel dan rantai berwarna emas membuat jam tangan ini terlihat sporty dan mewah.

Jam tangan G-Shock G-D5000-9JR ini merupakan sebuah project impian Casio yang ingin menawarkan sebuah arloji mewah dan sekaligus menjaga reputasi G-SHOCK yang sudah terkenal akan ketangguhan dari produknya. Dibutuhkan 5 tahun untuk menghasilkan arloji ini, melalui tangan dingin Kikuo Ibe yang merupakan salah satu perancang jam tangan legendaris.

G-Shock G-D5000-9JR adalah merupakan sebuah arloji mahakarya kemewahan yang sangat memukau, dengan bezel, penutup, rantai hingga sekrup pada jam tangan ini terbuat dari emas 18 karat. Selain itu jam tangan ini juga terdapat fitur stopwatch, waktu dunia, kalender otomatis, dan LED. Tidak sampai disitu, jam tangan G-D5000-9JR juga memiliki fitur water-resistant yang mampu menahan tekanan air hingga kedalaman 200 meter.

Teknologi baru Casio juga disematkan pada jam tangan G-Shock G-D5000-9JR, yaitu Split-Second Time Correction dimana teknologi ini membuat jam tangan G-Shock G-D5000-9JR memiliki tingkat keakuratan yang sempurna. Teknologi ini memanfaatkan gelombang radio dari enam stasiun radio yang terdapat di seluruh dunia. Jadi, jam tangan kamu dijamin akurat dan enggak mungkin meleset.

Jam tangan exclusive G-Shock G-D5000-9JR ini dibanderol dengan harga 69,500 USD atau jika di Rupiahkan itu sekitar 723 Jutaan.